Aku dulu sekolah di SD Laboratorium UPI Kampus
Cibiru, sering disebut juga SD Labschool. Sekolah ini beralamat di Jl.
Raya Cibiru Km 15, Cibiru Wetan, Cileunyi, Bandung. Jarak dari rumah ke sekolah sekitar 8km. Lumayan sih jarak segitu, tapi di SD Labschool di sediain
jemputan pulang pergi, jadi gausah antar jemput orangtua.
Sistem sekolah ini masuk dari hari
Senin sampai Jumat, jam 7:30 dan pulang jam 15:00. YAAAA BENARR, Full day school.. Ko
sekarang malah banyak banget orangtua yang protes anaknya buat fullday school
gitu? padahal aku udah dari tahun 2005 full day school:(((
SD ini terhitung baru dibuat. Aku angkatan ke-5 waktu taun 2005 masuk.
Untuk masuk ke SD ini harus melewati test psikotest telebih dahulu. SD ini hanya 5 tahun belajar. Lebih cepat 1 taun dari SD biasanya. Yaaaaa SD ini ada sistem Akselerasi, tanpa seleksi. Jadi kelas 5 SD sudah diperkenankan untuk
Ujian Nasional. Untuk angkatan 2013 sampai sekarang sudah menggunakan sistem seleksi,
tapi mayoritas aksel kok....dari satu angkatan hanya 3-7 orang yang belajar 6
tahun (reguler). Ini termasuk SD Swasta, jadi kelas nya dari A sampai H dan satu
kelas berisi 20-25 orang.
Di SD ini juga diwajibkan untuk berlaku jujur dalam segala
hal. Contoh sederhana nya yaitu saat ujian semua siswa dan siswi mengerjakan masing masing dan tidak ada satu pun yang
kerjasama saat ujian (alias nyontek), karna semua siswa sangat diperhatikan oleh guru. Lain halnya kerjasama kelompok. Yaaa itu pasti kompak dongg hahaha.
Sistem belajar nya tidak full
dari jam 7:30-15:00 kokk.. ada istirahat 2 kali, jam 10:30 dan12:30. Untuk
hari Seninsampai Kamis, full pelajaran eksak (Matematika, IPA, IPS, PKN, agama,
bahasa dll). Sedangkan hari Jumat, pelajaran eksak hanya sampai batas istirahat
kedua. Sisanya di isi dengan kegiatan ekstrakulikuler. Waktu istirahat,biasanya siswa dan siswi menghabiskan waktunya untuk main di taman bermain. Ada perosotan, ayunan, tangga pelangi, dll
pokoknya kaya anak TK banyak mainan hahaha. Untuk makan siang, disini ada
koperasi untuk makan siang. Jadi kelas 1 sampai 3 itu diwajibkan makan siang dari
sekolah. Setiap jam 12 siang, makanan sudah di simpan di meja makan setiap kelas.
Setiap tempat makan nya juga sudah ada nama dari pemiliknya, lucu hahaha. Tapi untuk kelas 4&5 dibebaskan untuk makan siang. Membawa dari rumah ataupun masih dari sekolah.
Di SD ini di WAJIB kan untuk
mengikuti 2 jenis (indor dan outdor) ekstrakurikuler, ingeett WAJIB... Contoh
ekstrakurikuler indor itu kaya seni musik, english club, mathematic club, BTQ
(Baca Tulis Qur'an), CALISTUNG (Baca Tulis Hitung) teruuus apalagi ya lupaaaa.
Sedangkan untuk outdor ada Basket, seni tari, futsal, badminton, pramuka,
atletik, pencak silat, duh apalagi aku lupaa, maklum berapa belas tahun yang
lalu :((
Waktu kelas 1, aku ambil
ekstrakurikuler Seni tari dan English Club. Di english club ini, dipilih
beberapa orang untuk tampil perpisahan pertama di SD Labschool. English club akan menampilkan drama Cinderella. Aku terpilih jadi saudara tiri Cinderella hahaha
peran penting sih, tapi jahat. Ini pertama kalinya aku tampil diatas panggung.Akhirnya aku sukses meranin
tokoh itu ahahaha.
Naik ke kelas 2,
ekstrakurikuler aku masih tetap seni tari dan english club. Waktu itu ada
pemilihan lagi untuk tampil di perpisahan tahun 2006. Aku terpilih di ekskul
seni tari untuk nampilin "Tari Kijang", dan eglish club
juga ngadain pemilihan untuk tampil drama lagi, dengan cerita tentang
bawang putih bawang merah..Aku ditawarin lagi untuk jadi Bawang Merah coyyyyy..
muka aku galak banget emang ya? sampe dapet peran antagonis mulu:(((( akhirnya aku tolak tawaran drama itu, karna aku udah ambil tari
kijang wkwkw.
Kalau kelas 3 dan 4, aku
ganti eksktrakurikuler, jadi seni musik dan basket. Waktu kelas 3, aku tampil angklung.
BAYANGIN COYY ANAK SD BAWA TIGA ANGKLUNG, 1 ANGKLUNG YANG BASS GEDE BGT:( tapi
waktu kelas 4, aku ikut gamelan, alat musik tradisional juga yang bikin
ketagihan hahaha
Naahhh kalo kelas 5 cuma
boleh ikut 1 ekstrakulikuler. Karna dulu ada persiapan untuk Ujian Nasional.
Sebenernya dari kelas 1 sampai 3 SD aku BENCI BANGET MATEMATIKA. tuh pake capslock
pokonya benci banget. Sampai akhirnya kelas 4 aku ikut les sempoa, tau kan? yang
bentuknya panjang gitu. Nahh semenjak les itu, aku sukaaaaaa bgttt yg namanya
angka. Jadi aku ikut ekstrakurikuler mathematic club.
UJIAN NASIONAL PUN
DATANGGGG!!!
Aku masih inget banget Ujian
Nasional tahun 2010 itu tanggal 4, 5 dan 6 Mei 2010. Karna waktu ulangtaun aku
yang ke 11, lagi Ujian Nasional pelajaran matematika wkwkw
Alhamdulillah selama 3 hari
itu lancar jayaaa hahaha.
Waktu pengumuman kelulusan,
semua siswa kelas 5 berkumpul di lapangan. Baris perkelas untuk dikasih kertas
pengumuman dan dibuka bareng bareng. Hasilnya satu angkatan lulus
yeaayyy, walaupun nilai UN aku tidak begitu besar, tidak begitukecil.. yaaa standar ajaa.
Di Bandung itu kalau
masuk SMP Negeri tidak ada test lagi, daftar pake nilai hasil Ujian Nasional
dan sesuai cluster. Cluster itu tingkatan sekolah sesuai passing grade tahun
lalu. Aku denger sih di kota temen aku kaya Pontianak, Melinau, Sibolga itu ga
ada yang namanya sistem cluster. Karna nilai Ujian Nasional aku standar, jadi aku daftar ke SMP Negeri
Cluster 1 dan 3 yang dua dua nya dekaat rumah.
SAAT HARI PENGUMUMAN,
ternyata aku keterima di pilihan ke dua, yaitu di cluster 3....
UNTUK PERTAMA
KALINYA KETOLAK DI PILIHAN PERTAMA:)))))))))
Aku rapopo.
Masa SD ku selesai, Putih merah sudah berganti menjadi Putih Biru. Peralihan
dari masa anak anak ke masa ABG.
No comments:
Post a Comment